Laman

LOKASI PANJAT TEBING LEMBAH HARAU


Bagi seorang pemanjat bisa memanjat tebing di salah satu lokasi panjat terbaik di Indonesia adalah sebuah kepuasan tersendiri, salah satu lokasi tersebut ada di sumatera barat yaitu di tebing lembah harau tepatnya di kecamatan harau kabupaten lima puluh kota. Lokasi yang satu ini sebenarnya adalah kawasan destinasi wisata alam andalan di propinsi tersebut, Beberapa waktu yang lalu penulis menyempatkan diri berkunjung ke kawasan ini tetapi kali ini penulis hanya membahas khusus lembah harau sebagai lokasi panjat tebing.

AKSES KE KAWASAN LEMBAH HARAU

Lembah harau terletak di kecamatan harau kabupaten lima puluh kota propinsi sumatera barat, berjarak hanya 2 kilometer dari pusat kota pemerintahan dan 18 kilometer dari kota payakumbuh. kalau dari kota bukit tinggi berjarak sekitar 38 kilometer atau sekitar 45 menit perjalanan, untuk menuju ke kawasan lembah harau bisa melalui udara ataupun jalan darat, terminal terdekatnya adalah terminal sarilamak. Bandara terdekat yaitu bandara minangkabau di kota padang, sedangkan untuk pelabuhan bisa melalui pelabuhan teluk bayur. Jarak antara kota padang ke lembah harau sekitar 138 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan.

KARAKTER TEBING DI LEMBAH HARAU

Kawasan lembah harau sebenarnya adalah kawasan cagar alam dengan luas 669 hektar, Jajaran tebing granit di kawasan lembah harau berjenis batuan breksi dan konglomerat yang berwarna warni merupakan jenis batuan yang umumnya terdapat di dasar laut. Hampir disetiap lokasi di lembah harau akan terlihat tebing-tebing yang menjulang tinggi, ketinggian tebing di kawasan ini bervariasi dari 30 meter sampai 300 meter. Bagi para pemanjat tebing kawasan satu ini sering disamakan dengan Yosemite National Park di Sierra Nevada Amerika Serikat atau Yosemite nya Indonesia.


BEBERAPA LOKASI PANJAT TEBING POPULER DI KAWASAN LEMBAH HARAU

Bagi yang ingin merasakan sensasi memanjat di tebing harau dan masih kebingungan soal penginapan, peralatan manjat dan lokasi-lokasi panjat yang sesuai keinginan, disini juga tersedia guide lokal yang selalu siap membantu, tutur seorang teman penulis yang kebetulan juga berprofesi sebagai guide panjat tebing di kawasan tersebut. Terdapat lebih kurang 300 lokasi panjat di kawasan lembah harau, dengan tingkat kecuraman sampai 90 derajat, dari sekian banyak lokasi panjat tersebut beberapa diantaranya ada yang paling populer atau paling sering dikunjungi baik oleh pemanjat lokal maupun manca negara, diantaranya adalah :



Salah satu jalur panjat bernama 'toilet' di lembah echo 

LOKASI LEMBAH ECHO

Echo atau dalam bahasa Indonesianya gema adalah sebuah lokasi di lembah harau yang apabila berteriak di area tersebut maka suara akan memantul dan menimbulkan gema. Tinggi tebing dilokasi ini lebih kurang 300 meter, menurut julie yang juga seorang guide panjat tebing di kawasan tersebut terdapat 15 jalur panjat dengan tinggi jalur sekitar 10 meter sampai 30 meter. Namun ada satu jalur panjat di lembah echo ini bernama 'magribi' tinggi jalurnya mencapai 75 meter. Ada beberapa jalur panjat yang cukup terkenal disini seperti jalur 'toilet' yang memiliki tingkat kesulitan 5.10 ini salah satu jalur favorit di lembah echo juga jalur 'biadab' dengan grade 5.12 imbuhnya.


Lokasi panjat di sasarah aka barayun 

LOKASI SASARAH AKA BARAYUN

Lokasi selanjutnya yang menjadi favorit para pemanjat adalah sasarah aka barayun, letaknya setelah tebing lembah echo, jarak dengan lembah echo lebih kurang 500 meter. di lokasi ini terdapat sebuah air terjun yang sangat indah. Ada 6 jalur di area ini tetapi yang paling sering di panjat cuma 3 jalur tepatnya di sebelah air terjun dengan variasi grade antara 5.8 samapi 5.10.


Jalur panjat merah putih di lokasi padang tarok 

LOKASI PADANG TAROK

Dari lokasi panjat Sasarah Aka Barayun ke lokasi Padang Tarok berjarak kira-kira 1 kilometer, dilokasi ini terdapat sekitar 15 jalur panjat dengan grade 5.8 sampai 5.11. Nama jalurnya adalah merah putih, dengan ketinggian jalur panjat rata-rata 20 meter, tetapi ada satu jalur yang paling tinggi yaitu sekitar 85 meter. Lokasi yang satu ini sering dijadikan tempat pendidikan sekolah panjat tebing merah putih harau.

KOORDINAT LOKASI KAWASAN LEMBAH HARAU



PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING LEMBAH HARAU ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.