Laman

MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN TANPA KOMPAS


Walaupun kompas sangat membantu sebagai penunjuk arah mata angin akan tetapi bagi seorang penjelajah hutan atau seorang yang sering melakukan kegiatan dialam bebas sangat dianjurkan untuk menguasai teknik menentukan arah tanpa menggunakan kompas,karena bisa saja saat tersesat kita kehilangan semua peralatan yang kita bawa atau bisa saja peralatan navigasi kita rusak. Kemampuan ini sangat membantu kita terutama saat kita ingin segera keluar dari situasi tersebut.

METODE DENGAN MEDAN MAGNET

Anda bisa membuat kompas sederhana dengan bantuan sebuah jarum jahit, (jarum jahit juga termasuk salah satu item yang harus selalu ada dalam survival kit). caranya adalah dengan membuat jarum tersebut memiliki sifat magnet, ini bisa dilakukan dengan cara menggosok benda tersebut dengan magnet permanen secara konstan ke satu arah, atau dalam keadaan darurat bisa menggosoknya dengan batu atau besi, setelah benda tersebut memiliki sifat magnet, apungkan jarum tersebut di atas air bisa dengan gabus atau meletakkannya di atas daun. Ujung jarum tersebut akan selalu menunjuk kearah Utara. Cobalah untuk mempraktekkan metode ini jangan hanya puas dengan mengetahui teorinya saja, tujuannya adalah agar anda lebih yakin dan paham betul dengan sifat dari arah jarum tersebut, Dengan demikian anda baru bisa disebut mahir.

MARAHARI

Ini adalah cara melihat arah mata angin yang paling umum dan paling praktis dilakukan saat tak ada kompas, yaitu dengan melihat posisi marahari. Kita ketahui matahari selalu terbit dari Timur dan terbenam di Barat dengan demikian bisa disimpulkan posisi matahari sebelum tepat tengah hari (menjelang siang) adalah arah Timur, sebaliknya kalau lewat tengah hari (menjelang malam) berarti arah Barat.

Bisa juga dengan melihat arah bayangan dari sebuah pohon atau kayu yang di tancapkan di tanah. Pada pagi hari arah banyangan pohon atau kayu cenderung ke arah barat dan menjelang sore arah bayangan tersebut cenderung kearah timur.

BULAN

Selain dengan matahari anda juga  bisa menentukan arah Timur dan Barat dengan melihat bulan, yaitu dengan mengamati bulan jika sebelum matahari terbenam bulan sudah terbit maka bagian bulan yang diterangin adalah arah Barat, jiba bulan baru muncul setelah malam berarti bagian yang di terangi adalah arah Timur.

BINTANG

Lebih tepatnya menggunakan rasi bintang (konstelasi), rasi bintang adalah sekumpulan bintang yang seakan-akan berhubungan antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah pola tertentu. Sebenarnya ada banyak sekali rasi bintang tapi yang diakui secara resmi ada 88 bentuk rasi bintang, dan yang biasa digunakan sebagai petunjuk arah ada 4 (empat) yaitu :

RASI BINTANG BIDUK (GREAT BEAR)

Rasi bintang ini berada di belahan langit utara oleh karena itu kalau melihat rasi bintang ini berarti menunjukan kearah UTARA, rasi bintang yang paling popular dibanding yang lain mungkin karena menunjukan arah utara. Rasi bintang terdiri dari 7 bintang utama, karena itu sering juga disebut bintang 7, bentuknya seperti gayung dan selalu terlihat sepanjang tahun.

RASI BINTANG PARI (CRUX)

Kalau anda sudah menemukan rasi bintang biduk coba alihkan pandangan kearah yang berlawanan mana akan terlihat rasi bintang pari. Rasi bintang pari terletak di belahan bumi selatan oleh karena itu disebut juga bintang SELATAN. Bentuknya seperti pari juga seperti laying-layang. 

RASI BINTANG WALUKU (ORION)

Untuk menemukan rasi bintang ini bisa dilihat di belahan langit bagian BARAT, rasi bintang ini paling mudah untuk dikenali karena terdiri dari 3 (tiga) bintang kembar sejajar. Orion berarti juga pemburu atau rasi bintang pemburu.

RASI BINTANG KALAJENGKING (SCORPIO)

Rasi bintang scorpio berada di belahan langit bagian TIMUR, kalau tidak terbiasa mungkin agak kesulitan menemukan rasi bintang ini karena dibentuk oleh banyak bintang. Rasi bintang ini mudah ditemukan saat musim kemarau, cara menemukan bintang ini yaitu dengan mencari bintang berwarna merah (antares) letak bintangnya ada di bagian perut kalajengking. Salah satu bintang paling terang yang pernah ditemukan juga terdapat di bagian dari rasi bintang ini.

Masih ada beberapa cara lagi untuk mengetahui arah mata angin seperti mengamati tingkah laku flora dan fauna di alam bebas,. Mungkin di lain waktu akan saya bahas secara terpisah. 

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN TANPA KOMPAS ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.