Laman

DIFINISI DAN CARA KERJA SISTEM PULLEY (A, Z, M SISTEM) PADA VERTICAL RESCUE


Dalam teknik Vertical Rescue penguasaan system pulley adalah hal yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang rescuer karena kemampuan ini kerap digunakan dalam proses evakuasi korban ke titik yang lebih aman. Sistem pulley ini digunakan disemua teknik evakuasi seperti dalam hauling system, lowering sistem, maupun suspention system. Sebenarnya ada banyak system pulley mulai dari system pulley 1.1, 2.1, 3.1, 4.1, 5.1 sampai ada yang 9.1,tetapi hanya ada tiga sistem pulley yang biasa di terapkan dalam Vertical Rescue yaitu system 1.1 atau lebih dikenal dengan A system, system 3.1 atau Z system, dan terakhir system 5.1 atau M system. Jadi pada postingan kali ini penulis membatasi hanya membahas ketiga system pulley tersebut saja.

SISTEM PULLEY

Pulley atau dimasyarakat umum lebih dikenal dengan Katrol adalah roda dengan alur disepanjang sisinya untuk menampatkan tali, Pulley digunakan untuk mengurangi friksi pada tali juga digunakan untuk mengubah arah kerja tali sehingga proses pemindahan beban menjadi lebih ringan.

BACA JUGA  : PELATIHAN VERTICAL RESCUE KEBENCANAAN  DI ACEH 2018



(System Pulley : A System)

A SYSTEM

A Sistem adalah sebuah sistem yang paling sederhana, memiliki rasio 1.1 artinya setiap tarikan sepanjang 1 meter akan mengangkat beban setinggi 1 meter juga. Pada A System ini jumlah usaha yang dibutuhkan untuk mengangkat beban adalah sama dengan berat beban tersebut jadi belum ada keuntungan mekanis apapun pada system ini, system ini hanya mengubah arah gaya tarik saja.

Kalau tanpa pulley anda harus menarik ke atas dengan menambah sebuah pulley pada system ini anda bisa menarik ke bawah yang biasanya lebih efesien. Oleh karena itu pulley pada system ini disebut juga pulley pengarah (rederect). Sistem ini biasa digunakan untuk beban yang tidak terlalu berat dibidang yang tidak terlalu miring atau kalau banyak terdapat tenaga penarik.

(System Pulley : Z System)

Z SYSTEM

Sistem ini adalah yang paling sering digunakan dalam vertical rescue, sering diaplikasikan mulai dari medan yang tidak terlalu terjal maupun dimedan curam. Selain instalasinya mudah system ini juga memberikan keuntungan mekanik yang sesuai untuk mengangkat beban 1 atau 2 orang, selain itu dengan sedikit modifikasi system ini bisa dengan mudah diubah menjadi M Sistem (system 5.1). Z Sistem ini memiliki rasio 3.1 artinya setiap tarikan sepanjang 3 meter akan mengangkat beban setinggi 1 meter.


Perhatikan gambar, karena pada system ini terdapat pulley yang bergerak maka setelah menarik dengan jarak tertentu anda harus selalu mengatur ulang (me-reset) pulley tersebut ke posisi semula. Misalnya ada 3 meter jarak antara pulley dalam system maka anda harus me-reset ulang posisi pulley setelah menarik 3 meter tali dan beban akan terangkat setinggi 1 meter, jadi kalau anda harus menaikan beban setinggi 10 meter berarti anda harus mereset ulang sebanyak 10 kali.

(System Pulley : M System)

M SYSTEM

M System (5.1) digunakan apabila instalasi Z System (3.1) tidak memiliki daya tarik yang cukup dalam proses evakuasi, hal ini dimungkinkan karena cukup mudah untuk mengkonversi dari Z sistem ke M sistem. Anda bisa menarik beban dengan lebih ringan menggunakan system ini. M system memiliki rasio 5.1 artinya untuk mengangkat beban setinggi 1 meter anda harus menarik tali sepanjang 5 meter. Kelemahan dari system ini adalah anda harus menggunakan banyak tali untuk mengangkat beban dalam jarak dekat. Bahkan untuk mengangkat beban setinggi 10 meter anda harus menarik tali sepanjang 50 meter ditambah lagi anda harus sering mereset ulang sistemnya. Dalam instalasi system pulley, penggunaan prusik bisa diganti dengan alat Ascender seperti Jumar atau yang lain sesuai kebutuhan dalam sistem.


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel DIFINISI DAN CARA KERJA SISTEM PULLEY (A, Z, M SISTEM) PADA VERTICAL RESCUE ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

1 komentar:

  1. Max beban pada M sistem berapa kilo gan baik itu lintasan horizontal atau pun vertical.

    BalasHapus

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.