Laman

LOKASI PANJAT TEBING DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR


Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh besar adalah dua wilayah dari Propinsi Aceh yang terletak tepat di ujung Pulau Sumatera dan Banda Aceh merupakan ibukota dari Propinsi Aceh. Kota Islam tertua di Asia Tenggara ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Samudera Hindia. Kabupaten Aceh Besar sebelah barat yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia banyak terdapat tebing – tebing curam di sepanjang pesisirnya, disini terdapat kawasan karst yang sudah cukup terkenal yaitu di desa Naga Umbang, Lhoknga.

Bagi seorang pemanjat tebing kawasan karst merupakan salah satu tempat yang paling dicari karena sudah pasti banyak terdapat tebing yang umumnya sangat layak untuk dipanjat. Selama berdomisili di Banda Aceh penulis sering memanjat di beberapa lokasi di kawasan ini. Dari beberapa tempat yang menjadi favorit para pemanjat, penulis akan membahas 3 (tiga) lokasi panjat yang paling populer di Banda Aceh dan Aceh Besar yang tentunya juga bisa menjadi rujukan bagi pembaca yang kebetulan berada di daerah ini dan ingin memanjat disini.

LOKASI TEBING MATA IE

Lokasi pertama yang paling populer di Banda Aceh ada di kawasan Mata Ie - Aceh Besar, hampir 90 persen pemanjat daerah ini pasti pernah menjajal tebing disini. Letaknya sekitar 200 meter dari tempat rekreasi kolam pemandian mata ie, kalau dari pusat kota hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk ke lokasi, jika menggunakan sepeda motor anda bisa langsung memarkir kendaraan tepat di bawah tebing.


(Lokasi Tebing Mata Ie)

JALUR UNTUK PANJAT TEBING

Selain lokasi yang mudah dijangkau yang membuat tebing ini cukup populer adalah karena tingkat kesulitannya (grade) yang tidak begitu berat juga tinggi jalur yang tidak begitu signifikan hanya sekitar 8 sampai 10 meter saja dan memiliki satu jalur panjat. Walaupun tebing ini sangat cocok untuk pemanjat pemula tapi banyak juga pemanjat yang harus mencobanya berkali-kali sebelum akhirnya berhasil menyelesaikan jalur. 


(Jalur Panjat di Tebing Mata Ie)

Hampir setiap minggu lokasi ini dikunjungi oleh pemanjat dari FPTI Banda Aceh ataupun dari FPTI Aceh Besar untuk latihan dan belajar panjat tebing alam. Jalur panjat ditebing ini bisa dipanjat dengan system top rope, lead ataupun trad climbing. Maka tidak heran banyak pemanjat – pemanjat hebat yang lahir dan mahir dari tebing ini.

JALUR UNTUK BOULDERING

Bersebelahan dengan lokasi panjat tebing diatas terdapat sebuah batu besar yang juga cukup populer sebagai tempat bouldering di kawasan ini. Sebuah batu yang cukup besar bahkan di salah satu sisinya memiliki ketinggian mencapai 4 meter bisa di kategorikan Highball Bouldering. Permukaan batu yang bervariasi membentuk jalur panjat yang terbilang lengkap di batu ini, mulai dari blank, over hang, roof, dan slab ada di batu ini.


(Menjajal Jalur Boulder di Mata Ie) 

Penulis sangat menyukai tempat ini dan paling sering kemari baik bersama teman ataupun sendiri, bahkan pernah menghabiskan waktu satu hari penuh hanya untuk menyelesaikan satu jalur boulder saja disini. Dengan sedikit kreatifitas hampir setiap sisi batu ini bisa dijadikan jalur panjat (baca; problem) untuk bouldering.

KOORDINAT LOKASI TEBING MATA IE DI GOOGLE MAP


LOKASI TEBING LAMPUUK

Lokasi tebing lampuuk masuk dalam salah satu kawasan wisata pantai andalan di Kabupaten Aceh Besar, Lokasi wisata ini memiliki garis pantai sekitar 5 kilometer, dengan pasir putih dan air berwarna biru kehijauan, oleh karena itu kawasan yang satu ini hampir selalu ramai dikunjungi terutama di hari-hari libur. Berjarak lebih kurang 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Lokasi tebing dikawasan ini terletak dibagian paling ujung pantainya.


(Lokasi Tebing Lampuuk)

Tinggi tebing di lokasi ini sekitar 30 meter dengan panjang tebing lebih dari 100 meter. Terdapat beberapa jalur panjat disini dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Dilokasi ini juga terdapat jalur panjat yang dibuat oleh Komunitas Panjat Tebing Merah Putih pimpinan kang Tedi Ixdiana yang merupakan bagian dari 1000 jalur panjat tebing untuk Indonesia.


(Menjajal Tebing Lampuuk)

Banyak para pemanjat terutama dari komunitas pecinta alam yang sering melakukan olahraga panjat tebing atau bouldering di kawasan ini. Untuk menyiasati ramainya pengunjung yang datang penulis sendiri lebih sering kesini bersama teman-teman justru di hari-hari kerja karena relatif sepi jadi tidak terganggu oleh pengunjung yang ingin berwisata. Selain memanjat untuk kepuasan pribadi anda juga akan mendapat bonus berupa suasana pantai yang sangat indah dikawasan ini.

KOORDINAT LOKASI TEBING LAMPUUK DI GOOGLE MAP


LOKASI PANJAT TEBING PUCOK KRUENG

Lokasi ini berada di dikawasan Lhoknga Aceh Besar, Berjarak lebih kurang 4 kilometer dari jalan utama Lhoknga di belakang Pabrik Semen Andalas. Pucok Krueng adalah sebuah hulu sungai yang bermuara ke pantai lhoknga, jadi area ini adalah titik pertama munculnya sumber air sungai di kawasan tersebut. Di beberapa titik lokasi kawasan ini banyak terdapat tebing – tebing tinggi khas kawasan karst yang layak panjat namun hanya beberapa lokasi saja yang telah memiliki jalur dikarenakan akses menuju ke lokasi beberapa titik tebing masih sangat sulit.


(Lokasi Tebing Pucok Krueng)

Jalan menuju ke lokasi tebing bisa dilewati oleh sepeda motor untuk mobil hanya bisa dilewati oleh satu jalur kendaraan saja jadi masih harus sangat berhati - hati, namun karena track menuju ke lokasi masih berbatu membuat perjalanan terasa panjang apalagi di musim penghujan tetapi sebagai gantinya anda akan disuguhkan pemandangan yang lumayan memanjakan mata disepanjang jalan anda akan melihat lahan perkebunan warga, persawahan dan aliran sungai yang masih alami. Pada hari libur lokasi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan tidak jarang juga wisatawan asing kerap terlihat berkunjung untuk menikmati keindahan alam disini.


Bersama Wisatawan Asing di Pucok Krueng

Lokasi tebing pucok krueng sangat cocok untuk aktifitas swimming, camping, kayaking, caving dan rock climbing. Mengingat hampir semua lokasi dikawasan ini terdiri dari tebing terjal, goa dan aliran sungai. Selain jalur lead dan bouldering disini juga terdapat tebing untuk multi picth dan bagi yang ingin merasakan sensasi terjun langsung ke air setelah memanjat juga ada jalur untuk deep water solo (dws). Penulis sendiri sering kesini bukan hanya untuk memanjat tetapi terkadang hanya untuk menikmati keindahan alam dikawasan ini. Selalu ada hal baru yang bisa di explorasi disini. Bagi komunitas panjat tebing ataupun pencinta alam lokasi ini sering dijadikan tempat latihan pemantapan keahlian teknik panjat tebing.

KOORDINAT LOKASI TEBING PUCOK KRUEN DI GOOGLE MAP


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

1 komentar:

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.