Laman

LOKASI PANJAT TEBING BISLAB MAROS SULAWESI SELATAN

Source Photo Google map
Bisseang Labboro atau biasa disingkat Bislab adalah salah satu spot wisata di Sulawesi Selatan yang sangat populer. Daya tarik wisata di kawasan ini sangat beragam diantaranya sungai, hutan, tebing dan goa. Kawasan ini sering dijadikan lokasi camping dan lokasi diksar bagi organisasi atau komunitas untuk merekrut anggota baru juga sebagai salah satu lokasi panjat tebing (rock climbing) favorit tidak hanya bagi masyarakat sekitar bahkan dari luar Propinsi.

Bisseang Labboro dalam bahasa Indonesia artinya perahu terdampar. Di kawasan ini memang terdapat sebuah batu besar yang menyerupai perahu terbalik, bagi masyarakat sekitar batu tersebut punya cerita rakyat yang masi dipercara hingga sekarang. Bislab juga terkenal banyak populasi kupu-kupunya walau sekarang ini sudah banyak berkurang, selain itu di kawasan ini juga masih terdapat spesies flora dan fauna yang sudah tergolong langka.

LETAK LOKASI TEBING BISLAB MAROS

Bislab terletak di Desa Semangki  Kabupaten Maros Propinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Maros berbatasan langsung dengan Ibukota Propinsi yaitu Kota Makasar.

AKSES KE LOKASI TEBING BISLAB MAROS

Dari kota Makasar ke Kabupaten Maros berjarak sekitar 35 Kilometer, membutuhkan waktu lebih kurang 1 perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Jalan masuk menuju Bislab berada tepat diseberang Maros Water Park, setelah sampai disini anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Bislab. Bandara International Sultan Hasanuddin berada di Kabupaten Maros ini.

KARAKTER BATUAN TEBING BISLAB MAROS

Jenis batuan yang ada di kawasan tebing Bislab berjenis batuan kapur khas kawasan karts.

JALUR PANJAT DI LOKASI TEBING BISLAB MAROS

Di kalangan pemanjat Bislab sering disebut sebagai lokasi panjat tebing terbaik di Kabupaten tersebut, hal ini sangat wajar karena selain lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau dilokasi ini juga banyak sekali bahkan hampir sebagian besarnya terdiri dari tebing – tebing kars yang menjulang tinggi dengan tingkat kesulitan jalur yang sangat bervariasi. 

Beberapa lokasi panjat populer disekitar Bislab antara lain Tebing ta’deang, tebing 45 Bislab dan tebing layar. Di semua lokasi tebing tersebut banyak terdapat jalur panjat, baik untuk sport maupun pemanjatan artificial, umumnya untuk menyelesaikan jalur menggunakan system multi pitch climbing. Tebing ta’deang merupakan lokasi tebing yang paling sering dikunjungi oleh banyak pemanjat bukan hanya dari dari dalam tetapi juga dari luar Maros. Di tebing ta’deang terdapat setidaknya 4 lokasi panjat juga ada beberapa  batuan besar yang sering dipakai buat Boulderan.

KOORDINAT LOKASI TEBING BISLAB MAROS DALAM GOOGLE MAP 


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING BISLAB MAROS SULAWESI SELATAN ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.