Laman

LOKASI PANJAT TEBING ULUWATU BALI


Selain menjadi destinasi wisata tingkat dunia yang dimiliki Indonesia, Pulau Bali juga menyimpan potensi wisata minat khusus seperti panjat tebing yang tidak kalah menarik dari lokasi lain, salah satunya tebing yang ada di Uluwatu. Uluwatu sendiri dalam bahasa sangsekerta berarti puncak batu karang. Di kawasan ini terdapat sebuah pura yang sangat populer yaitu Pura Uluwatu, karena berada di atas tebing dengan ketinggian 97 meter dari permuaan laut, pura tersebut merupakan salah satu dari jutuh pura tertua di Bali dan menjadi ikon untuk kawasan ini.

Tebing Uluwatu Bali berhadapan langsung dengan lautan lepas dan lokasi ini merupakan salah satu spot terbaik di Pulau Bali untuk menikmati sunset, tentu saja tebing uluwatu selain dapat memuaskan hasrat memanjat anda, dikawasan ini juga anda bisa menikmati pesona keindahan alam pulau dewata tersebut dengan beragam keunikannya seperti pagelaran budaya tarian tradisional bali yaitu tari kecak yang masih berada dilokasi pura juga keindahan arsitekturnya.

Tebing ini juga pernah menjadi lokasi pengibaran bendara raksasa yaitu sebuah bendera sepanjang 71 meter untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 beberapa waktu yang lalu, pengibaran bendera tersebut dilakukan oleh Prajurit TNI Korem163/Wira Satya.

LETAK LOKASI TEBING ULUWATU 

Lokasi tebing Uluwatu berada di Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Propinsi Bali.

AKSES KE LOKASI TEBING ULUWATU

Untuk ke lokasi tebing anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum yang bersifat pribadi seperti taxi, mobil sewaan atau sepeda motor. Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali adalah bandara terdekat dengan lokasi tebing, dari bandara ini ke lokasi tebing membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan kearah selatan. Untuk petunjuk arah ke lokasi tebing yang berada di kawasan objek wisata pura uluwatu ataupun ke objek – objek wisata lainnya di pulau Bali anda juga bisa menggunakan peta Google map.

KARAKTER BATUAN TEBING ULUWATU

Jenis batuan tebing dilokasi ini adalah berjenis batuan kapur yang biasa terdapat dikawasan karts. Permukaan tebing cenderung tajam - tajam dan terdapat banyak lubang juga rekahan, beberapa bagian tebing  dilokasi ini masih tergolong kapur muda jadi harus berhati-hati terhadap batuan lepas saat memanjat. 

JALUR PANJAT DI LOKASI TEBING ULUWATU

Tebing yang menjadi lokasi pemanjatan di kawasan uluwatu ini letaknya berseberangan dengan lokasi pura uluwatu dengan ketinggian tebing mencapai 100 meter, tebing ini berhadapan langsung dengan lautan lepas samudera Indonesia. Untuk bisa memanjat di lokasi ini anda harus mengurus perizinan terlebih dahulu, tidak sulit anda hanya perlu menyampaikan surat pemberitahuan kepada kepala desa uluwatu mengikuti prosesi adat serta mematuhi semua peraturan adat yang berlaku disana.

Umumnya untuk  bisa memanjat di tebing ini anda harus rappelling terlebih dahulu hingga ke teras tebing, barulah kemudian memanjat. Banyak jalur panjat di lokasi ini dengan ketinggian dan tingkat kesulitan yang bervariasi,beberapa jalur panjat yang ada disini seperti jalur yang dibuat oleh Tedi Ixdiana juga ada jalur yang dibuat oleh anak –anak Bengkulu yang diberi nama jalur Rafflesia KAMPALA FP – UNIB dan beberapa lagi jalur panjat lainnya. Jalur panjat disini ada untuk Sport Climbing ada juga untuk Artificial Climbing, sebagian besar jalurnya harus dipanjat menggunakan system multi pitch climbing untuk sampai ke puncak (top) tebing. 

Selain tebing uluwatu anda juga bisa memanjat di tebing – tebing yang ada di sekitar Pecatu yang jaraknya tidak jauh dari pura uluwatu. Tebing berjenis limestone di kawasan pecatu ini sering dijadikan tempat pemanjatan untuk melatih kekuatan dan kelenturan khususnya untuk Bouldering. Setidaknya ada lebih dari 5 jalur untuk sport climbing dilokasi ini dan di beberapa bagian tebing baru bisa dipanjat saat laut surut. 

KOORDINAT LOKASI TEBING ULUWATU DALAM GOOGLE MAP 


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING ULUWATU BALI ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.