Laman

TUGAS LEADER, NAVIGATOR DAN SWEEPER DALAM MENDAKI GUNUNG


Salah satu kunci suksesnya sebuah pendakian adalah membuat perencanaan yang matang, dengan demikian diharapkan team sudah tau apa yang harus dilakukan bahkan untuk kondisi terburuk sekalipun. Dalam satu team pendaki penunjukan seorang untuk posisi leader, navigator dan sweeper sangat penting, berikut ini akan dijelaskan tugas dan fungsi dari masing-masing posisi tersebut.

LEADER

Leader adalah orang yang bertanggung jawab pada suksesnya sebuah pendakian, pengambil keputusan, pemimpin dalam suatu kelompok pendakian, dan orang yang memastikan sebuah pendakiann berjalan dengan sukses. Suksesnya sebuah pendakian ukurannya bukan saja puncak tetapi yang lebih penting adalah bisa membawa seluruh anggota team turun dengan selamat. Sebenarnya di setiap pendakian sudah pasti ada leadernya walaupun sebelumnya tidak ditunjuk secara langsung, tetapi dalam perjalanannya pasti ada satu orang yang sadar ataupun tidak sudah berperan dalam posisi tersebut.

Adapun tugas seorang leader adalah :

- Memberikan informasi tentang gunung yang akan didaki serta semua planning dan scenario yang akan dilakukan sampai suksesnya pendakian. Ia memberitahu apa boleh dan tidak boleh dilakukan saat mendaki.

- Leader juga mempersiapkan peralatan dan melakukan pemeriksaan terhadap barang yang akan dibawa, leader harus memberitahu peralatan apa saja yang harus dibawa jauh-jauh hari sebelum mendaki agar persiapan peralatan benar-benar matang dan sesuai rencana.

- Leader juga harus bisa memastikan seluruh anggotanya bisa selamat sampai kembali kerumah masing-masing.

NAVIGATOR

Tugas utama dari navigator adalah memastikan seluruh anggota team berjalan dijalur pendakian yang semestinya. Jadi navigator adalah penunjuk arah agar team tidak tersesat. Navigator akan selalu berkoordinasi dengan leader sebagai pengambil keputusan, biasanya berjalan paling depan, navigator juga bertugas memeriksa rute pendakian, Ia juga jadi penentu irama pendakian bisa cepat ataupun lambat. Oleh karena itu navigator selain dari team bagus juga dari kalangan masyarakat sekitar gunung yang sudah hapal mati dengan medan yang akan dilewati.

SWEEPER

Kalau leader dan navigator biasa didepan atau bersama rombongan sebagai pembuka jalur maka sweeper adalah penutupnya. Sweeper adalah orang yang berjalan paling belakang dalam pendakian, tugasnya memastikan  tidak ada barang atau pendaki yang tertinggal. Walau terlihat santai dan menyenangkan tetapi posisi ini sebenarnya menuntut fisik yang kuat, bukan itu saja seorang sweeper terkadang harus merangkap sebagai medis yang selalu sigap membantu, mengobati atau menjaga anggotanya di perjalanan.

Sedangkan untuk anggota lainnya yang hanya mengikuti pendakian disebut Follower, posisi follower bisa dimana saja tetapi harus didepan sweeper. 

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TUGAS LEADER, NAVIGATOR DAN SWEEPER DALAM MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.