Laman

CARA MENGETAHUI JEJAK HEWAN SAAT MENDAKI GUNUNG ATAU SURVIVAL


Membaca jejak hewan saat berada di alam liar adalah sebuah keahlian yang mungkin tidak semua orang menguasainya padahal ada banyak sekali manfaat dari kemampuan tersebut. Menguasai keahlian yang satu ini tidak sesulit yang dibayangkan, yang penting mau terus mengasah kemampuan terutama mengasah kepekaan terhadap tanda – tanda alam yang ada. Indra penglihatan, penciuman dan pendengaran adalah komponen utamanya. 

MANFAAT DARI KEMAMPUAN MELACAK JEJAK HEWAN

Beberapa manfaat dari kemampuan melacak jejak hewan antara lain :
  • Mengetahui habitat tertentu di suatu area.
  • Membedakan mana jalur hewan dan mana jalur yang dilalui manusia.
  • Menentukan jenis jebakan (trap) yang akan dipasang sesuai dengan jenis hewan yang terlacak.
  • Mengantisipasi lebih dini resiko bahaya dari hewan tertentu saat beraktifitas di alam bebas.
  • Mencari sumber makanan terutama dalam keadaan survival.
Dalam melacak jejak hewan di alam bebas ada beberapa tahapan atau cara yang bisa anda lakukan seperti melihat jejak alami yang ditinggalkan. Dalam hal ini indra penglihatan punya peranan utama, pasang mata sebaik-bainya untuk melihat tanda – tanda yang ditinggalkan oleh hewan, perhatikan area sekeliling dengan teliti, namun perlu di ingat jangan hanya fokus pada area yang terdekat saja seperti hanya beberapa meter dengan anda tetapi perhatikan juga area yang lebih luas sampai beberapa puluh meter. Jangan sampai saat anda lagi sibuk dengan jejak ayam hutan yang anda temukan dari jarak 50 meter ada beruang lagi meneropong anda. 

CARA MELACAK HEWAN DARI JEJAK ALAMI YANG DITINGGALKAN

Beberepa jejak alami yang ditinggalkan oleh hewan yang bisa anda gunakan untuk melacak keberadaan mereka seperti :

JEJAK KAKI HEWAN

Ini adalah jejak yang paling umum yang bisa anda temukan saat melacak hewan. Namun sebelumnya anda harus menguasai dulu bentuk tapak kaki dari berbagai hewan. Untuk lebih spesifik, pelajari bentuk tapak kaki khusus hewan yang hidup di hutan tropis, lalu pelajari juga bentuk tapak hewan yang hanya hidup di ketinggian tertentu. Bertanya pada warga sekitar sebelum masuk hutan atau mendaki gunung juga sangat membatu untuk mengetahui jenis hewan di hutan tersebut. Kalau susah mengingat anda bisa menggambar bentuk berbagai tapak kaki beberapa jenis hewan di sepotong kertas dan selipkan didalam survival kit.


KOTORAN HEWAN

Selain jejak kaki, anda bisa juga melacak lewat kotoran yang ditinggalkan, dari jenis kotoran anda bisa menentukan  jenis hewannya. Sekali lagi pasang mata anda baik – baik, bisa jadi tak menemukan jejak kaki anda justru menemukan kotorannya. Untuk mengetahui hewan berdasarkan kotorannya anda bisa mempelajarinya di buku, internet, bertanya pada senior, atau melihat sendiri di kebun binatang. Untuk beberapa hewan bau kotorannya bisa tercium oleh hidung hal ini tentu sangat membantu anda untuk menemukan hewan tersebut. 

JALUR LINTASAN HEWAN

Ranting yang patah, rumput atau ilalang yang terinjak, daun yang rusak, kulit pohon terkelupas bisa juga menjadi indikasi adanya hewan diarea tersebut bisa karena sudah dilewati, dimakan atau dicakar. Namun hal tersebut bisa juga terindikasi manusia. Berbagai tanda tersebut bisa anda temukan tidak hanya di hutan lebat namun bisa juga anda temukan di dekat sungai, rawa atau daerah berbatu. Selain itu melihat semak yang bergerak secara langsung juga bisa menjadi tanda keberadaan hewan.

SUARA HEWAN

Pengamatan tidak hanya oleh indra penglihatan dan penciuman tetapi juga oleh indra pendengaran anda, pasang telinga anda dengan baik, dengarkan suara alam disekitar anda. Tentu sebelumnya anda sudah mempelajari jenis – jenis hewan berdasarkan suaranya. Mungkin anda sudah sangat familiar dengan suara gajah, harimau atau babi tetapi untuk beberapa keperluan seperti survival, mempelajari dan mengenal suara hewan tertentu khusus untuk dikonsumsi akan lebih bermanfaat.

Demikianlah beberapa cara untuk melacak keberadaan hewan di alam liar, Menemukan jejak hewan lebih mudah pagi – pagi sekali atau sore menjelang malam, hal ini karena hewan lebih aktif pada pagi atau malam hari. Saat tanda – tanda sudah ditemukan, selain melanjutkan pengamatan, berfikir seperti hewan, maksutnya berfikir disisi hewan seperti mengapa hewan tersebut kesitu dan sebagainya bisa sangat membantu untuk mengarahkan anda ke hewan tersebut. Semoga bermanfaat.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel CARA MENGETAHUI JEJAK HEWAN SAAT MENDAKI GUNUNG ATAU SURVIVAL ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.