Laman

TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN SAAT TERSESAT DI GUNUNG


Salah satu kejadian terburuk yang mungkin bisa terjadi saat anda mendaki atau masuk hutan adalah tersesat, terburuk karena tanpa tindakan yang tepat tersesat bisa memicu terjadinya kejadian – kejadian lain seperti kelaparan, dimangsa binatang buas, hipotermia dan lain sebagainya yang bisa mengancam nyawa anda. Tidak heran jika banyak kejadian pendaki yang tewas di gunung diawali dengan tersesat, penyebabnya bisa karena faktor alam (objektif) atau manusianya itu sendiri (subjektif). Saat tersesat pendaki bisa saja tersendiri karena terpisah dari tim ataupun bisa satu tim sekaligus.

Tersesat satu tim lebih ‘beruntung’ dari pada tersesat sendiri, logikanya karena satu tim akan lebih banyak tenaga atau sumberdaya yang tersedia, tinggal bagaimana leader mampu mengatur dan memaksimalkan semua potensi yang ada, sementara kalau sendiri tenaga dan sumberdaya akan sangat terbatas, skill individu sangat menentukan dalam kondisi ini selain keberuntungan tentunya. Kemampuan yang sangat berguna saat tersesat adalah teknik survival, sangat terlambat untuk menyadari pentingnya menguasai teknik survival saat anda sudah tersesat karena belum tentu anda bisa keluar dengan selamat, bisa jadi hanya jasad atau bahkan hanya pulang nama.

BACA JUGA : PERSIAPAN MENGHADAPI SITUASI SURVIVAL

Dibawah ini adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan saat menyadari sudah dalam kondisi tersesat, dengan catatan sedikit banyak sebelumnya anda sudah menguasai teknik survival gunung hutan.

TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN SAAT ANDA TERSESAT

1. TETAP TENANG

Mudah sekali untuk menulis 11 huruf diatas, tetapi percayalah ini adalah bagian tersulit yang harus dilakukan saat menyadari kalau anda sudah tersesat. Mungkin hal ini lebih mudah dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman atau bagi mereka yang sudah memiliki bekal dan pengetahuan tentang cara bertahan dalam kondisi tersebut. Namun bagi pendaki pemula sangat sulit untuk tetap tenang ketika menyadari sudah dalam kondisi  tersesat, tetapi mau tak mau bersikap tenang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain itu anda harus memiliki kemauan yang kuat untuk tetap bertahan hidup dan yakin bahwa anda pasti akan ditemukan oleh tim penyelamat adalah dua hal yang harus anda tanamkan pada diri anda.

2. KEMBALI KE TITIK AWAL  ATAU TERUS KE PUNCAK

Dalam kondisi tenang diharapkan anda akan bisa berfikir jernih, selanjutnya anda punya pilihan kembali ke titik awal atau terus melanjutkan perjalanan ke puncak. Keputusan ini tergantung beberapa pertimbangan seperti kondisi fisik, logistik yang tersedia, tingkat kesulitan jalur, dan perkiraan jarak antara kembali ke titik awal atau tetap meneruskan kepuncak, tetapi kalau hari sudah mulai gelap sebaiknya langsung dirikan shelter untuk bermalam. Putuskan dengan matang dan jalani dengan penuh keyakinan kalau anda pasti akan kembali masuk ke peradaban.

3. TINGGALKAN JEJAK SEBAGAI PENANDA

Saat memutuskan kembali ke titik awal atau meneruskan ke puncak, jadikan lokasi pertama anda tersesat menjadi titik nol atau titik awal perjalanan anda. Tinggalkan jejak dengan memberi tanda lokasi tersebut, bisa dengan apa saja yang penting mudah terlihat. Lebih bagus lagi dengan meninggalkan sedikit catatan yang berisi waktu dan rencana perjalanan anda. Hal ini penting karena tim penyelamat biasanya akan memulai pencarian dari titik anda terakhir terlihat. Selain itu selama perjalanan berikan juga tanda di tempat – tempat yang dirasa perlu seperti mengikat tali dipohon, mematahkan ranting dan sebagainya, hal ini untuk memudahkan anda kembali ke titik awal (nol) jika harus kembali dan yang terpenting hal ini akan sangat membantu tim penyelamat untuk mengetahui posisi dan pergerakan anda.

4. CARI LOKASI STRATEGIS DAN BUAT SIGNAL

Tindakan terakhir yang harus dilakukan jika tidak juga menemukan jalan keluar atau anda terlalu takut untuk mencari jalan keluar adalah membuat shelter dilokasi yang cukup aman, nyaman dan cukup strategis seperti dekat dengan sumber air dan di area yang cukup terbuka sambil menunggu tim penyelamat menemukan anda.  Buat sinyal dari api atau tumpukan batu, kayu atau bahan lainnya sebagai penanda posisi agar mudah terlihat dari atas atau dari kejauhan.

KEMAMPUAN YANG HARUS ANDA MILIKI SAAT TERSESAT

Pengetahuan tentang teknik survival hutan gunung menjadi hal yang sangat penting yang harus di kuasai ketika berada dalam situasi tersesat. Mungkin anda akan tetap dihantui rasa ketakutan yang sangat besar tetapi dengan memiliki keahlian bertahan hidup di hutan akan sangat membantu membangun mental anda. Lagipula menurut penulis ketakutan juga menjadi salah satu senjata agar anda bisa tetap bertahan kalau dikelola dengan baik.

Membuat api dengan teknik bow drill fire starter

Beberapa kemampuan yang harus anda miliki saat tersesat antara lain :

1. KEAHLIAN SURVIVAL

Keahlian survival termasuk Rules of Threes atau aturan 3 dalam survival, ini adalah prinsip dasar yang harus diketahui yang akan membimbing anda untuk bertindak. Dengan demikian setiap waktu dan tenaga yang anda miliki tidak terbuang sia-sia untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu anda butuhkan. Anda akan mempelajari bagaimana membuat bivak, mencari air, makanan dan sebagainya.

BACA JUGA : ATURAN 3 (RULES OF TRHEES) DALAM SURVIVAL

2. KEMAMPUAN MENENTUKAN ARAH

Kemampuan menentukan arah baik dengan kompas atau tanpa kompas. Tak bisa dipungkiri kemampuan menentukan arah juga menjadi sangat penting ketika mendaki atau menyusuri hutan apalagi dalam kondisi tersesat. Kalau teknik survival mengajarkan anda untuk tetap bertahan hidup dihutan maka kemampuan menentukan arah akan membuat anda bisa melihat ‘jalan’ didalam hutan.

BACA JUGA : MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN TANPA KOMPAS

3. KEMAMPUAN SIGNALING

Kemampuan signaling atau memberi tanda kepada tim penyelamat. Sebagaimana diketahui sehebat apapun keahlian survival anda tetap saja tak ada orang yang ingin berlama-lama dalam situasi tersebut, oleh karena itu kemampuan signaling juga sangat penting untuk dikuasai. Anda harus bisa membuat signal dengan peluit, mirror, api dan sebagainya agar posisi anda cepat diketahui oleh tim penyelamat. Mempelajari simbol – simbol peting dalam kondisi darurat yang diakui oleh dunia internasional juga harus anda kuasai. Lagipula menurut penulis kemampuan survival seseorang saat tersesat bukan diukur dari berapa lama ia bisa bertahan di hutan tetapi justru sebaliknya seberapa cepat ia bisa keluar dari situasi tersebut.

BACA JUGA : SIGNALING DALAM SITUASI SURVIVAL

PERSIAPAN YANG PERLU DILAKUKAN AGAR TIDAK TERSESAT

Kalau boleh diibaratkan tersesat itu adalah ‘dosa’ dan harus tetap bertahan hidup adalah hukumannya, maka sudah sewajarnya setiap pendaki mau sehebat apapun tak akan menginginkan berada dalam situasi tersebut. Dibawah ini ada beberapa cara untuk menghindari anda agar tidak tersesat saat mendaki gunung.

1. BERITAHU ORANG TERDEKAT TENTANG RENCANA ANDA

Sebelum berangkat sangat penting untuk memberitahu rencana detail anda kepada keluarga atau orang terdekat paling sedikit 2 orang, berikan informasi secara rinci pada mereka atau tinggalkan catatan di meja kamar anda seperti lokasi tujuan, tanggal kembali dan sebagainya.

2. PATUHI SETIAP ATURAN YANG TELAH DIBUAT

Ini adalah hal dasar yang paling utama yang harus dilakukan oleh setiap pendaki, setiap gunung pasti memiliki aturannya sendiri untuk dipatuhi, tujuan dari peraturan tersebut bisa untuk kelestarian hutan gunung tersebut ataupun untuk keselamatan pendaki itu sendiri.  Baca setiap peraturan dan ikuti setiap rambu – rambu yang ada di jalur.

3. PELAJARI JALUR PENDAKIAN

Dengan mengetahui karakteristik jalur anda akan bisa menentukan banyak hal agar pendakian bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan, seperti mengetahui lokasi sumber air, post pendakian, estimasi waktu yang dibutuhkan hingga vegetasi alam sekitar. Setiap gunung memiliki karakteristik jalur yang berbeda -beda hal ini akan sangat menentukan cara anda dalam mencapai puncak.

4. BAWA GUIDE

Untuk pendaki pemula apalagi baru pertama kali mendaki gunung tersebut sebaiknya bawa guide. Guide bisa dari masyarakat sekitar gunung, jasa pemandu wisata, teman atau senior anda yang sudah pernah mendaki ke gunung tersebut.

5. SELALU DALAM TIM

Saat mendaki gunung usahakan jangan terpisah terlalu jauh dari tim. Kemampuan fisik sangat menentukan di poin ini, karena banyak pendaki yang tersesat diawali dengan kelelahan sehingga terpisah dari tim. Pendaki yang memiliki fisik lemah jangan ditempatkan diposisikan paling belakang. Begitu juga saat beraktifitas di camp site atau di jalur seperti mencari air usahakan jangan sendiri kalau anda belum paham betul dengan medannya.

Demikianlah beberapa tindakan yang perlu anda ketahui ketika tersesat dan berada dalam situasi survival, untuk bisa menguasai tekniknya anda harus berlatih dengan yang sudah mahir tanpa perlu tersesat. Bagaimana pun mendaki butuh persiapan, tanpa persiapan gunung bisa membunuhmu.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN SAAT TERSESAT DI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.